Komitmen Pelaksanaan CEDAW: Pekerjaan Rumah Yang Belum Selesai

Posted on July 27, 2010

0


Dalam Komentar Akhir dalam Komite CEDAW tahun 2007, salah satunya menyebutkan bahwa penting adanya tindak lanjut setelah identifikasi produk perundangan yang bias gender baik melalui amandemen dan mekanisme lainnya.

 Dari 21 Undang-Undang yang diidentifikasi oleh Cedaw Working Initiative Group masih diskriminatif, pemerintah belum melakukan revisi terhadap sejumlah undang-undang yang sifatnya diskriminatif, seperti KUHP, KUHAP, UU Perkawinan, UU PPTKILN, UU Pornografi dan perda-perda yang ditengarai jumlahnya ratusan.

 Selanjutnya, masih dalam komentar terakhir, Komite juga menyatakan keprihatinan mengenai apakah rancangan undang-undang baru tentang kesetaraan gender akan sepenuhnya sesuai dengan dan melaksanakan kewajiban Negara Pihak yang ditentukan Konvensi.  Jika hal krusial mengenai revisi Undang-Undang yang telah disebutkan diatas belum juga dilakukan?

 Mengingat saat ini ada penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang Kesetaraan Gender, alangkah strategisnya jika RUU tersebut dapat menjadi payung hukum yang bisa menjadi acuan, sehingga peraturan perundangan yang sifatnya masih diskriminatif bisa luruh dengan disahkannya RUU Kesetaraan Gender. Dengan demikian pekerjaan rumah yang tertinggal di tahun 2007 bisa dikurangi sedikit  demi sedikit

Posted in: Informasi