Laporan Independen NGO’s Implementasi Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan (CEDAW) di Indonesia

Posted on August 6, 2007

1


Laporan ini adalah hasil pemantauan dan telaah kritis organisasi non pemerintah (NGO) di Indonesia terkait dengan implementasi konvensi CEDAW sepanjang tahun 1998-2007. Laporan dibuat berdasarkan mekanisme komite CEDAW yang memungkinkan organisasi non-pemerintah mengajukan laporan bayangan sebagai laporan sandingan atas laporan yang dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia.  

Laporan CEDAW ini adalah laporan kedua yang dibuat oleh organisasi non-pemerintah di Indonesia. Laporan ini disusun oleh 10 organisasi non-pemerintah yang tergabung dalam CEDAW Working Group Initiative (CWGI) dan partisipasi 46 organisasi non pemerintah di Indonesia yang turut menjadi kontributor data, akademisi, para ahli, individu serta tim editor yang berperan menyelaraskan penulisan laporan ini. Terlaksananya proses penyusunan laporan ini atas dukungan UNIFEM serta keterlibatan IWRAW-Asia Pacific dalam proses konsultasi.  

Isi dari laporan ini merupakan hasil refleksi atas kerja organisasi non pemerintah dalam upaya meningkatkan status kehidupan perempuan dari tindakan diskriminasi yang ditimbulkan dari sistem sosial, politik dan budaya. Dalam konteks itu, tujuan penyusunan laporan ini adalah memberikan gambaran utuh atas tindakan diskriminasi yang dialami perempuan dalam rangka meningkatkan status kehidupannya. Laporan ini sekaligus melihat upaya pemerintah Republik Indonesia dalam menjalankan amanat Undang-Undang No. 7/1984 tentang Pengesahan Konvensi CEDAW.  

… selengkapnya baca di http://www.unifem-eseasia.org/projects/Cedaw/docs/countryreports/indonesia/Laporan%20CEDAW_Final_%20Versi%20Ind.doc.

Posted in: Rekomendasi